Jumat, 14 Juni 2013

FOOD <> Perut Rata dan Pinggang Kecil Karena 5 Jenis Makanan Ini

Perut buncit bukan hanya tak enak dilihat. Tumpukan lemak pada perut juga dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, alzheimer, dan diabetes tipe 2. Makanya, banyak orang rela melakukan berbagai cara agar perutnya rata.

Perut adalah salah satu bagian tubuh yang paling cepat bereaksi terhadap perubahan pola makan. Selain berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa mendukung usaha pelangsingan perut dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut:
1. Cuka
Menurut penelitian di Japanese Society of Nutrition and Food Science, asam asetat dalam cuka dapat mengaktifkan gen yang memompa protein pemecah lemak. Orang yang mengonsumsi 1-2 sendok makan cuka apel setiap hari selama 12 minggu memiliki berat badan, indeks massa tubuh (BMI), lemak visceral, dan lingkar pinggang lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi cuka.
2. Gandum utuh (whole grain)

Menurut studi Pennsylvania State University, orang yang mengonsumsi gandum utuh sukses mengurangi lemak perut dua kali lebih banyak dibanding yang tidak memakannya. Gandum utuh mengurangi produksi insulin, hormon yang mendorong penyimpanan lemak, sehingga mengurangi lemak perut jadi lebih mudah.
 3. Makanan oranye
Menurut Copenhagen University Hospital, cara terbaik untuk memangkas lingkar pinggang adalah menyantap karbohidrat dari sayuran dan buah berwarna oranye. Contohnya adalah wortel, blewah, jeruk, dan labu kuning. Tingginya serat dalam sayur dan buah membuat kita merasa kenyang lebih lama. Antioksidan seperti vitamin C dan betakaroten dalam kadar tinggi juga diyakini dapat melunturkan lemak perut.
4. Makanan mengandung selenium
Survei terhadap lebih dari 8.000 orang Amerika menunjukkan bahwa orang yang kadar seleniumnya rendah memiliki lingkar pinggang yang lebih besar. Konsumsilah 55 mcg selenium per hari dari gandum utuh, kacang-kacangan, dan daging hewan. Lengkapi dengan makanan bervitamin E yang akan meningkatkan efektivitas selenium dalam tubuh.
 5. Makanan berlemak baik
Studi Wake Forest University selama enam tahun menunjukkan bahwa partisipan yang sumber lemaknya hanya lemak trans memiliki 30% lemak lebih banyak di area perut dan mengalami gejala awal diabetes. Namun, kalau Anda menyantap lemak tak jenuh seperti yang terdapat di ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat, Anda akan lebih mudah ramping.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar